Tahukah Kamu, Buah dan Sayur Ini Konon Buatan Tangan Manusia

 


Tahukah Anda jika beberapa buah, kacang-kacangan, serta sayur yang umum kita mengonsumsi setiap hari, ialah hibrida bikinan manusia? Tipe makanan ini dibuat lewat pembiakan selektif, yaitu satu proses dimana cuma tanaman dengan karakter memberikan keuntungan yang dapat ditanam kembali lagi.


Dalam masalah yang jarang ada, serangga adaalah 'pihak' yang bertanggungjawab untuk membuat buah serta sayuran hibrida lewat penyerbukan silang. Tetapi, hewan itu tidak dapat lakukan penyerbukan silang pada tumbuhan, bila manusia tidak menanam minimum satu tipe tanaman sama pada sebuah tempat.


Lantas, sayur dan buah apa yang konon adalah bikinan tangan manusia serta tidak berubah biak dengan alamiah? Berikut 6 salah satunya:


Strobery kekinian ialah hibrida bikinan manusia dari strobery liar yang bertambah kecil, yang mempunyai usia taruh bertambah pendek, dan rasa serta aroma yang lebih bagus.


Strobery kekinian pertama-tama tampil di Prancis pada Era ke-18 lewat proses hibridisasi, yang sebetulnya telah diawali semakin lebih awal.


Di tahun 1300-an, pakar botani Prancis mulai menanam strobery liar di kebun mereka, saat mereka mengetahui jika strobery liar dapat direproduksi dengan skema kloning.


Anehnya, beberapa salah satunya belum pernah membuahkan buah, 1/2 salah satunya mendadak stop mengkloning diri mereka, serta membuahkan buah sesudah sekian tahun.


Prancis sukses membuat strobery liar yang memiliki ukuran 15-20 kali dari ukuran normal buah memiliki warna merah itu, tapi banyaknya masih amat sedikit.


Disamping itu, periset Prancis, Antoine Nicolas Duchesne, membuat strobery kekinian pada 6 Juli 1764, saat dia menyilangkan satu strobery jantan Fragaria moschata (spesies asli Eropa) dengan strobery betina Fragaria chiloensis dari Chili.


Sebelum Duchesne membuat strobery hibrida, pakar botani Prancis yang lain belum pernah mengetahui jika strobery mempunyai kelamin. Berikut yang mengakibatkan banyak tanaman belum pernah membuahkan buah, sebab peneliti cuma menanam satu tipe saja, jantan atau betina.


Di lain sisi, Duchesne terus kerjakan penelitiannya sampai Revolusi Prancis serta meneruskannya pada beberapa pakar botani Amerika serta Inggris untuk menyempurnakan strobery kekinian.


Wortel tidak selamanya memiliki warna oranye. Wortel alami memiliki warna putih atau ungu, serta kemungkinan tidak dapat dikonsumsi. Ada laporan yang menyebutkan jika wortel putih atau diketahui untuk lobak, dikonsumsi semasa masa Kekaisaran Romawi.


Namun, sejarawan yakin jika buah sayur ini dapat jadi parsnip (tanaman umbi-umbian yang sama dengan wortel, tetapi rasa-rasanya manis serta seperti kacang, warnanya putih kotor sampai kuning pucat) atau lobak, serta kedua-duanya.


Wortel yang memiliki warna oranye ialah hibrida dari wortel kuning, yang disebut hibrida dari wortel putih. Leluhur awal dari wortel mengonsumsi kekinian tampil di Persia pada Era ke-10.


Cara Menang Mudah Bermain Togel Online Sebagian orang menjelaskan, warnanya putih, tetapi ada juga yang mengatakan ungu. Tidak seperti wortel umumnya pada jaman saat ini, umbi-umbian itu mempunyai akar yang bertambah kecil serta halus.


Bangsa Persia saat itu, dengan cara selektif, mengembangbiakan wortel dengan akar memiliki ukuran besar, sampai selanjutnya, wortel dengan akar tunggal. Waktu pembiakan terus dilaksanakan, wortel bermutasi dari putih atau ungu jadi kuning, dan oranye.


Pembiakan selektif itu terus bersambung sampai jaman kekinian, untuk melakukan perbaikan kualitas rasa serta warnanya.


Tangelo (Cushman honeybells) ialah hibrida bikinan manusia dari jeruk keprok (Citrus tangerina) serta jeruk Bali (Citrus × paradisi). Tetapi, ada banyak orang yang bingung untuk memperbedakan jeruk tangelo dengan jeruk keprok, mandarin, serta jeruk oranye biasa.


Periset menerangkan, ada beberapa tipe tangelo serta semua tidak selamanya dibuat dari perkawinan di antara jeruk keprok serta jeruk Bali. Salah satunya variasi yang umum ialah Minneola tangelo: hibrida dari jeruk keprok serta jeruk Bali Duncan (atau Duncan grapefruit).


Hasil yang lain sukses dibuat yaitu dengan menyilangkan jeruk mandarin dengan jeruk Bali, yang dengan cara tehnis membuat warna kulit tangelo jadi oranye.


Tangelo dipercaya ada pertama-tama di rimba Asia Tenggara pada 3.500 tahun kemarin, saat serangga menyerbuki perkawinan silang di antara jeruk mandarin dengan buah yang dipercaya erat untuk jeruk Bali.


Tetapi, jeruk tangelo yang dapat diketemukan di pasar belakangan ini ialah dari hasil program pemuliaan selektif yang diawali pada 1800-an. Faksi yang mendayagunakan buah tipe ini ialah Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), yang membuat Minneola tangelo serta dipasarkan di semua Amerika Serikat.


USDA meluncurkan benih dari Minneola tangelo di tahun 1931. Namanya diambil dari kota Minneola, Florida.


Boysenberry (Rubus ursinus × R. idaeus) salah satu buah yang kemungkinan tidak pernah Anda dengar. Pada jaman dahulu, buah ini sangat terkenal.


Boysenberry pertama dibuat oleh Rudolph Boysen di tahun 1920-an. Pada pertama kali kehadirannya, buah ini dipandang seperti variasi dari blackberry, walau sebetulnya boysenberry ialah hibrida dari blackberry, tetapi memiliki bentuk memang nampak seperti dengan loganberry serta raspberry merah.


Kenyataannya, boysenberry serta dapat dibuat dari kombinasi persilangan ke-3nya --blackberry, loganberry serta raspberry merah. Ada klaim yang menyebutkan jika boysenberry sebetulnya ialah persilangan di antara dewberry Timur serta loganberry bikinan manusia.


Loganberry dibikin pada 1881, saat James Logan menyilangkan raspberry dengan blackberry liar. Tetapi, boysenberry beda dari dua spesies itu. Ini berasal dari usia simpannya yang cepat.


Boysenberry akan busuk cuma 2 hari sesudah dipanen. Banyak petani buah coba perpanjang umur penyimpanan boysenberry dengan mengirimnya selekasnya ke customer sesudah dipetih dari pohonnya.


Tetapi, usaha ini juga menjumpai ketidakberhasilan, sebab boysenberrie muda rasa-rasanya asam. Sekarang, Anda cuma dapat memperoleh boysenberry dari tangan pertama langsung atau produsennya.


Tahukah Anda jika almond yang sekarang banyak dipasarkan di toko ialah hibrida bikinan manusia dari almond liar? Almond liar condong mempunyai rasa yang pahit serta dapat mematikan saat dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.


Riwayat munculnya almond untuk kali pertamanya masih tidak jelas. Beberapa periset tidak bisa tentukan variasi almond liar yang dibiakkan dengan cara selektif untuk membuat almond kekinian.


Beberapa periset menyangka jika leluhur almond liar ialah Amygdalus fenzliana (Fritsch) Lipsky, sebab pohon, biji, serta buahnya seperti almond kekinian. Bukti itu diketemukan di Armenia serta Azerbaijan, dimana almond kekinian dipercaya sudah dibiakkan dengan cara selektif oleh manusia.


Kecuali asal usulnya yang belum tahu dengan jelas, beberapa periset juga tidak bisa tentukan bagaimana nenek moyang manusia sukses membuat almond yang rasa-rasanya manis serta wajar mengonsumsi, karena pada intinya, almond itu beracun.


Pisang ialah hibrida bikinan manusia dari spesies pisang liar Musa acuminata serta Musa balbisiana. Musa acuminata daging yang tebal, tapi rasa-rasanya benar-benar tidak enak. Sedang Musa balbisiana mempunyai rasa yang enak, tapi daging buahnya banyak bijinya.


Ke-2 pisang alami itu disilangkan di rimba Asia Selatan. Tetapi, pisang yang dibuat --yang adalah nenek moyang dari pisang modern-- karakternya steril atau mungkin tidak dapat berbuah.


Seputar 10.000 tahun lalu, manusia purba mendapatkan hibrida serta mengenali jika mereka bisa menanam kembali lagi tunas pisang untuk menumbuhkan pohon baru. Mereka lakukan pembiakan selektif serta cuma menanam pisang dengan karakter yang baik. Perihal ini pula yang disangka jadi pemicu terbentuknya pisang kekinian.


Walau mereka sukses membuat pisang yang prima, tetapi manusia belum bisa mendapatkan langkah untuk menanam pisang dari bijinya. Tiadanya benih memperlihatkan jika semua pisang mempunyai karakter genetik yang serupa, seperti saat ditanam datang dari tunas pohonnya.


Mengakibatkan, semua pohon pisang dunia dapat dihancurkan oleh satu penyakit. Sedang bukti mengagetkan yang lain, yakni pisang akan musnah bila kita stop menanamnya.


Postingan populer dari blog ini

The American Society of Plastic Surgeons has reported that in the last 20 years

Very most prominent Fruits as well as Veggies in the Globe

However the uncommonly solid screw harmed component of the digital